Make A Wish When A Shooting Star's Passing. Terkabul Nggak, sih?

12:51 PM

Kalian-kalian pasti udah pernah liat bintang jatuh, kan? Apa? Belum? Kasian... Padahal keren banget, lho! Kalau belum, coba deh pada malam hari pergi ke tempat yang nggak menghalangi penglihatan kamu untuk memandang langit yang luas. Seperti lapangan, taman, sawah, atau kalau nggak mau pergi jauh-jauh, naik ke atas genteng rumah juga bisa, kok! Tapi hati-hati jatuh, ya!

Shooting star atau bintang jatuh ini biasanya banyak dipake di film-film roman. Misalnya, waktu adegan sepasang kekasih lagi duduk di kursi taman sambil mandangin langit yang banyak bintangnya, eh tiba-tiba ada bintang jatuh lewat. Kan filmnya jadi tambah romantis tuh, hehe.

Biasanya, kalau lihat bintang jatuh gitu, spontan kalian pasti langsung make a wish, iya kan? Saya juga tidak tahu tradisi ini berasal darimana. Entah karena terbiasa, atau memang cuma iseng. Tetapi, kebanyakan orang memang melakukan hal yang sama saat bintang jatuh lewat. Yaitu, membuat permohonan. Kenapa hayooo?? Emang kalo buat permohonan saat bintang jatuh lewat, beneran bakal terkabul? Nah, itu yang bakal kita bahas sekarang.



Sebelumnya, saya mau tanya dulu, kalian percaya bintang jatuh bisa membuat permohonan kita terkabul nggak, sih? Jujur, saya tidak. Memang sih, dulu saat saya masih kelas 3 SD, saya sangat percaya kalau permohonan-permohonan yang saya buat akan terwujud saat saya memohonnya ketika bintang jatuh lewat. Tetapi, setelah saya mempelajari tentang ilmu tata surya, saya rasa, sangat mustahil jika bintang jatuh yang sebenarnya adalah meteor itu dapat mengabulkan permohonan kita.

Ya, bintang jatuh sebenarnya adalah meteor. Meteor sendiri merupakan benda pelintas antar planet dengan beberapa ukuran yang menyeberangi orbit bumi.

Benda semacam meteor itu tidak mungkin dapat mengabulkan permohonan manusia. Dan seharusnya, kita hanya memohon sesuatu kepada Allah SWT. Tuhan yang telah menciptakan kita, memberi, dan mengabulkan semua permintaan kita. Bukan kepada bintang jatuh. Jadi, kalau percaya bintang jatuh bisa mengabulkan permohonan, itu sama saja kita telah menyekutukan Tuhan, atau musyrik.

Dalam agama Islam sendiri, saat ada bintang jatuh itu tidak termasuk waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Kesimpulannya, memohon sesuatu karena adanya bintang jatuh adalah bertentangan dengan ajaran Islam. Jadi, ada baiknya kalau kita memohon apapun yang kita inginkan hanya kepada Allah SWT. saja. Tidak kepada benda langit seperti itu. So, masih percaya dengan bintang jatuh?

You Might Also Like

0 comments